Sabtu, 29 April 2017

Penerapan Perdagangan Internasional dalam Era Globalisasi, Mata Uang dollar Menjadi Standar Pembayaran Internasional, Eouro dapat menggantikan Posisi Dolar, Prospek Rupiah Mendunia

1. Dalam Kondisi Globalisasi ini, menurut Anda Apakah Teori Perdagangan Internasional     masih bisa di terapkan? Jelaskan!
Jawab : Menurut saya, Apabila dilihat dari Teori Adam Smith yang memfokuskan pada keuntungan mutlak yang menyatakan bahwa suatu negara akan memperoleh keuntungan mutlak dikarenakan negara tersebut mampu memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan negara lain. Menurut teori ini jika harga barang dengan jenis sama tidak memiliki perbedaan di berbagai negara maka tidak ada alasan untuk melakukan perdagangan internasional. Adam Smith menganjurkan perdagangan bebas sebagai kebijakan yang mampu mendorong kemakmuran suatu negara.
      Menurut saya Apabila Konsep ini diterapkan oleh Negara Indonesia pada saat ini belum tepat waktunya, karena walaupun Negara Indonesia Mempunyai Kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah akan tetapi sumber daya manusia yang ada didalam negara indonesia kenyataanya belum bisa mengolah apa yang sudah Tuhan berkian untuk negara Indonesia, misal contoh pertambbangan Di wilayah Papua Sebenarnya Sumber Daya Alams di Papua sangat banyak menganduk logam-logam mulia, misal contoh emas dan turunannya, akan tetatapi Tenaga Ahli yang ada di Indonesia belum mampu mengolah sumbber daya tersebut sehingga, USA lah yang mengambil alih Harta Indonesia yang ada di Papua dengan mendirikan PT. Freeport walaupun warga negara indonesia dijadikan tenaga kerja didalamnya akan tetapi Jeloas aKeuntungan yang Besar telah didapatkan negara Amerika, perlu proses untuk jangka yang lama untuk memperbaiki sistem perekonomian Indonesia untuk bisa bersaing dalam Perdagangan Internasional. Hal yang mungkin bisa dilakukan Pemerintah saat ini supaya atau membangunkan ekonomi di Indonesia yang lesu ini akibat Globalisasi       Ekonomi           :
1)  Ekonomi
a.       Mengembangkan perekonomian yang berorientasi global sesuai kemajuan teknologi dengan      membangun     keunggulan      negara.
b.      Mengembangkan kebijakan industri, perdagangan dan investasi dalam rangka meningkatkan Persaingan global.
  2)      Teknologi
a. Mampu mengembangkan teknologi dan informasi yang bertaraf internasional.
  3)      Politik
a. Menegaskan arah politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif dan berorientasi pada kepentingan nasional, menitikberatkan pada solidaritas antar negara berkembang mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa-bangsa, menolak penjajahan dalam segala bentuk, serta kerja sama internasional bagi kesejahteraan rakyat.
b. Meningkatkan kesiapan Indonesia dalam segala bidang untuk menghadapi perdagangan bebas, terutama dalam menyongsong pemberlakuan AFTA, AFEC dan         WTO.
c. Memperkuat kelembagaan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana penerangan khususnya di luar negeri dalam rangka memperjuangkan kepentingan Nasional            di         Forum  Internasional.
  4) Hubungan   Internasional
            a. Melakukan kerjasama-kerjasama dengan negara lain yang dapat meningkatkan kehidupan masyarakat dan saling menguntungkan.
b. Memperbaiki kinerja ekspor dan impor , serta meningkatkan kualitas ekspor agar produk dalam negeri bisa bersaing dengan negara lain.

2. Mengapa Mata Uang Asing saat ini masih menjadi standar Pembayaran Internasional ?
Jawab : Karena perjanjian Bretton Woods setelah Perang Dunia 2 yang efeknya masih terasa hingga sekarang; perjanjian untuk menggunakan emas sebagai standar global nilai mata uang. Pada saat itu keadaan ekonomi negara-negara dunia, kecuali Amerika Serikat, hancur karena perang. Ini menyebabkan mereka bergantung pada pinjaman yang diberikan oleh Amerika. Awalnya emas digunakan sebagai mata uang, tapi karena ada orang yang mengetahui bahwa nilai emas selalu menaik dan tidak merosot maka mereka (pihak bank) mengumumkan bahwa emas ditukar dengan selembar kertas yang bernilai (uang). Euro bisa saja menggantikan tapi butuh proses lama. Apalagi rupiah. Jika melihat kondisi yang saat ini nilai tukar rupiah menurun. Saya rasa masih blm bisa. Lagi pula untuk menjadikan mata uang internasional dibutuhkan negara dengan keadaan ekonomi maupun politik yang stabil, karena sebagai mata uang internasional dibutuhkan kepercayaan dari dunia agar dunia menggunakannya.
                Selain itu juga Dolar masih menjadi standar pembayaran internasional karena Dolar merupakan mata uang internasional yang memiliki sifat stabilitas ( mata uang yang stabil). Dolar juga merupakan salah satu jenis mata uang dari valuta asing yang merupakan mata uang yang memiliki kemudahan untuk diterima oleh banyak negara dan digunakan untuk pembayaran transaksi internasional karena adanya kegiatan perdagangan. Kemampuan Dolar untuk terus bertahan menjadi alat pembayaran utama bisa dilihat dari tingkat kepercayaan penggunanya. Dolar sudah sangat di percaya oleh banyak orang. Bahkan, cadangan devisa di beberapa Negara pun berbentuk dolar. Karena kepercayaan tersebut, Dolar masih akan menjadi valuta utama dunia dan alat pembayaran internasional yang diakui oleh semua pihak untuk jangka waktu yang lama.

3. Apakah Euro bisa menggantikannya? Jelaskan!
Jawab : Menurut saya, secara Ekonomi Euro bisa saja menggantikan Dolar, karena Euro memiliki kapasitas yang cukup besar dalam siklus perdagangan,investasi,dan perekonomian internasional.secara internal nilai tukar Euro yang begitu kuat setidaknya mampu mendorong investor untuk memperbanyak investasinya.serta keberhasilan cost and benefit Euro pun telah banyak dirasakan oleh beberapa anggotanya,meskipun diantaranya masih harus menyesuaikan.Dan secara Politis saya rasa masih cukup meragukan bahwa Euro mampu menjadi mata uang alternatif mengantikan US Dolar, karena mencari mata uang alternatif bukan hanya mengacu pada pertimbangan ekonomis,namun factor Politis akan tetap menjadi kekuatan dan legalitas dalam hubungan ekonomi politis.dan dalam teori keuangan internasional uang tidak hanya dianggap sebagai alat tukar dalam kepentingan ekonomi semata,namun sebagai alat untuk membentuk hegemoni, untuk mengendalikan interaksi struktur-struktur politik.dalam hal ini yang diperlukan adalah Political will dari negaraa/komunitas pemilik mata uang.

4. Apakah prospek Rupiah bisa mendunia? Jelaskan!
Jawab : Untuk jangka pendek mungkin Rupiah belum bisa berbuat apa-apa,tapi tidak menutup kemungkinan kelak Rupiah bisa menjadi mata uang dunia, asalkan ada peningkatan dan kestabilan kesejahteraan ekonomi serta didukung oleh kemajuan negara dan SDM yang ada di dalamnya. Dan semua itu bisa terlaksana jika ada komitmen dan dukungan dari semua komponen bangsa. Dalam kasus jaman globalisasi sekarang ini, musuh terbesar Indonesia adalah faktor keterbukaan terhadap budaya yang sangat minim, sehingga menyulitkan para investor untuk menaruh investasi disini. Dan faktor yang lebih mengerikan dari semuanya adalah perilaku konsumtif masyarakat Indonesia. Membuat warga negara asing selalu berinovasi untuk menarik hati masyarakat Indonesia yang notabene minim pendidikan tetapi besar dalam masalah gengsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Cute Hello Kitty Kaoani